KEHANGATAN DI TENGAH KEBEKUAN DAN DINGIN

 
 
Beautiful Winter Night
 
Untuk menghangatkan suasana di tengah-tengah lingkungan yang dingin dan diliputi oleh kebekuan, jangan hanya dengan menarik selimut dan memakai jaket yang tebal, karena selimut dan jaket menjadi lembab dan ikut dingin, tetapi harus dibantu dengan menyalakan api atau lampu yang mengeluarkan panas. Bahkan panasnya api juga berguna untuk membuat secangkir kopi atau teh hangat untuk dinikmati di suasana yang dingin membeku tersebut. Jangan terbawa oleh suasana yang dingin membekukan, tapi lawanlah dengan menciptakan kehangatan. Melawan hawa dingin dan membeku bukan untuk mengalahkannya tapi untuk menyeimbangkan.
Suasana pergaulan yang dingin juga perlu sesekali diselingi suasana yang hangat, agar tidak terlalu kaku. Kebekuanpun akan cair, menjadi lebih rileks dan santai.

#lingkungan-yang-dingin, #suasana-hangat

HEWAN DAN TUMBUHAN YANG BEKERJASAMA DAN BERMANFAAT BAGI MANUSIA

 
 
(Serius Tapi Santai)
 
hewan dan tumbuhanHewan makan tumbuhan ? “Pasti ada !”. Itu yang disebut herbivora.
Tumbuhan memakan hewan atau binatang ? “Ada juga !” “Contohnya ? …”
Hewan memakan binatang alias hewan juga ?” “Itu yang disebut karnivora atau predator”
Tumbuhan makan tumbuhan ? “Itu yang disebut dengan parasit” atau … jeruk makan jeruk ?”
Manusia yang makan tumbuhan ? “Banyak !”
Orang yang makan hewan ? “Super banyak !” (tapi bukan karnivora atau predator lo yah !).
Lalu kalau orang makan manusia ?” …
Tapi ada beberapa jenis hewan yang “bekerjasama” dengan tumbuh tumbuhan hingga menghasilkan sesuatu yang juga bermanfaat (lagi-lagi) untuk manusia. Kali ini tumbuh-tumbuhan meminjam istilah yang dimiliki oleh para hewan yaitu namanya. “Kok begitu ?” “Entah, gimana awal mulanya, beberapa jenis tumbuhan memakai nama hewan atau binatang”. Bahkan ada dua jenis tumbuhan memakai nama hewan yang sama. Namun yang pasti nama-nama atau istilah tersebut yang membuatnya manusia juga.
Misalnya :
1. LIDAH BUAYA : Tanaman ini bentuknya jelas sekali menyerupai sebuah lidah (meski bukan sedang menjulur) dan di sisinya ada semacam bulu seperti duri, jadi tidak berbentuk lembaran-lembaran
seperti kebanyakan daun pada umumnya. Manfaat daun lidah buaya ini yang populer yaitu untuk shampo rambut dan ada juga orang yang mengolahnya untuk menjadi minuman sirup.
2. KUMIS KUCING : Darimanakah asal muasalnya orang Indonesia menamakan daun yang konon kabarnya berkhasiat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan saluran air seni dan lain-lain tersebut ?
3. KUPING GAJAH, kalau tanaman ini kebanyakan dimanfaatkan untuk hiasan di sekitar rumah. Bentuknya ada yang besar-besar, mungkin sebesar kuping gajah aslinya dan ada juga yang kecil-kecil, mungil. Kalau manfaatnya untuk kesehatan manusia, terus terang belum ada kabar lebih jelas.
4. NANGKA LANDAK : Wah ini istilah buah jaman dulu. Bahkan almarhum Benyamin Sueb sempat mengabadikannya menjadi sebuah lagu yang sempat jadi hit tahun 70-an. Buah yang disebut dengan sirsak ini rasanya asam-asam manis. Enak untuk dimakan apa adanya atau juga enak untuk dibuat minuman seperti sirup.
5. RAMBUTAN MACAN. Ini salah satu dari jenis buah rambutan. Enak dimakan apa adanya tapi juga ada beberapa produsen selei yang memproduksi manisan untuk dioles ke roti tersebut memanfaatkan rambutan yang memakai nama hewan yang menjadi salah satu raja hutan tersebut. Lalu apa yang membuat rambutan tersebut meminjam nama macan ?
6. JAMBU MONYET. Nama lainnya yaitu jambu mede atau jambu mete. Inilah jenis buah jambu yang agak sulit ditemukan di pasar. Ciri-cirinya yaitu bijinya tumbuh di luar pada bagian atas. Selain
buahnya, bijinya itulah bisa diolah menjadi makanan yang populer yaitu kacang mete. Karena susah ditemui maka harganya jadi mahal seperti kacang mete. Berapa harga 1 kg kacang mete sekarang ?
7. PISANG TANDUK. Bentuknya yang khas yaitu besar dan lebih panjang dari pisang jenis yang lain dan tentu saja mirip sebuah tanduk binatang, seperti banteng, kerbau atau rusa yang besar. Apa
istimewanya ? Pisang jenis ini sangat pas untuk dijadikan salah satu kuliner yang populer di Indonesia yaitu pisang goreng dan pisang rebus. Meski demikian dimakan seadanya juga cukup enak
8. UBI CILEMBU. Tanaman menjalar ini sangat populer dengan nama ubi madu. Jadi yang namanya madu tentu saja rasanya manis. Mengandung banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein dan lain-lain.
9. KOPI LUWAK. Tanaman yang dimanfaatkan bijinya untuk dijadikan minuman yang sangat digemari di seluruh dunia ini memanfaatkan seekor binatang sejenis musang. Setelah melalui proses biologis
melewati pencernaan hewan yang disebut luwak tersebut, biji kopi diolah menjadi bubuk untuk diseduh menjadi salah satu minuman favorit yaitu minuman kopi.
10. AYAM SAYUR. Istilah ini sempat populer menjadi istilah atau bahasa gaul untuk menyebut seseorang, terutama lelaki yang kurang jantan atau laki-laki yang kalah berkelahi.
11. BUNGA BANGKAI. Kenapa tanaman bunga yang identik dengan aroma yang harum semerbak, meminjam istilah yang identik dengan aroma yang tidak sedap ? Yang namanya bangkai, dari jenis binatang apapun pasti tidak ada yang suka dengan baunya. Bagaimana dengan burung pemakan bangkai ?
12. RUMPUT GAJAH. Rumput ini biasa dikonsumsi ternak-ternak seperti sapi, kerbau, kambing dan lain-lain karena mengandung nutrisi tinggi bai mereka. Berukuran besar, banyak dibudidayakan di
Afrika karena ketahanannya terhadap cuaca panas. Tapi ada juga yang berukuran kecil atau mini sebagai tanaman hias halaman rumah.
13. BUAH NAGA. “Oohh ternyata buah ini termasuk jenis kaktus yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan”. Manfaatnya bisa untuk kesehatan dan kecantikan dan untuk kolesterol, diabetes dan lain-lain.

Mungkin para pembaca ada yang tahu kerjasama yang lain antara hewan dan tumbuhan ?

(Dari berbagai sumber)
 
 
 
 

wikipedia

BADAI TAIFUN ATAU TYPHOON

 
 
typhoonTaifun atau asal kata dari Cina yaitu Tai Fung kemudian disebut taifun adalah badai siklon tropis yang berkembang di bagian barat Laut Pasifik Utara antara 180° dan 100° E. Wilayah disebut sebagai Northwestern Pacific Basin ini yang paling aktif siklon tropisnya di Bumi, perhitungan untuk hampir sepertiga dari siklon tropis tahunan dunia. Untuk tujuan organisasi, Samudra Pasifik bagian utara dibagi menjadi tiga wilayah: timur (Amerika Utara untuk 140°W), pusat (140° sampai 180°W), dan Barat (180° sampai 100°E). The Regional Specialized Meteorological Center (RSMC) untuk prakiraan siklon tropis adalah di Jepang, dengan pusat peringatan siklon tropis lainnya untuk lautan Pacific di Honolulu (Pusat Peringatan Taifun Bersama), Filipina dan Hong Kong. Sementara RSMC menamai masing-masing system,

daftar nama itu sendiri adalah di wilayah kordinat di 18 negara yang wilayahnya terancam taifun setiap tahun. Filipina menggunakan nama sendiri sesuai kondisi negerinya.
Di wilayah barat laut Pasifik, secara resmi tidak ada musim taifun sebagai siklon tropis membentuk sepanjang tahun. Seperti siklon tropis, ada enam persyaratan utama untuk pembentukan dan berkembangnya typhoon : suhu permukaan laut cukup hangat, ketidakstabilan atmosfer, kelembaban tinggi di bawah ke tingkat tengah troposfer, Coriolis yang punya kekuatan cukup untuk mengembangkan pusat tekanan rendah, tingkat fokus yang sudah ada rendah atau gangguan, dan rendah geser angin vertikal. Mayoritas badai membentuk antara Juni dan November sementara pembentukan siklon tropis minimum adalah antara Desember dan Mei. Rata-rata, barat laut Pacific memiliki siklon tropis paling banyak dan intens global. Seperti cekungan lainnya, mereka dikendalikan oleh punggungan subtropis ke arah barat atau barat laut, dengan beberapa sistem
recurving dekat dan timur Jepang. Filipina menerima beban dari landfalls, dengan China dan Jepang sedang berdampak sedikit kurang. Beberapa topan mematikan dalam sejarah pernah melanda China. Tiongkok Selatan memiliki rekor terpanjang terkena dampak topan, dengan seribu tahun sampel melalui dokumen dalam arsip mereka. Sementara Taiwan tercatat yang pernah dilanda taifun yang terbasah.

Wikipedia
 

wikipedia

10 JENIS HEWAN YANG ADA DALAM NASEHAT DAN PERIBAHASA

 
 
Jenis hewan atau binatang secara keseluruhan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia, entah hewan itu bernasib buruk atau baik. Berikut adalah 10 jenis binatang atau hewan yang sebetulnya para hewan itu tidak tahu menahu kenapa dilibatkan dengan urusan manusia. Para binatang itu masuk dalam kata-kata nasehat dan peribahasa, misalnya :
 
1. lion and womanLebih baik berjalan di belakang SINGA daripada berjalan di belakang wanita. Perkataan ini berasal dari salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, Umar bin Khottob r.a. yang maknanya adalah nafsu syahwat birahi yang tidak bisa dikontrol lebih berbahaya dunia akhirat dibanding dengan serangan seekor singa yang hanya bisa membunuh.
 
 
2. Seperti KATAK dalam tempurung. Artinya setinggi-tinginya lompatan, namun karena berada di dalam lingkungan pergaulan yang berpikiran sempit, maka hasil dari kerjaannya kurang berkualitas. Prestasinya hanya di lingkungan yang segitu-gitu aja. Istilah lain sama juga “Jagoan Kampung”
 
3. Meskipun keluar dari pantat AYAM, kalau itu sebutir telur maka ambillah ! Tapi kalau yang keluar itu dari pantat manusia, kalau yang keluar adalah … ada yang mau mengambil ?Bisa di umpamakan seseorang yang penampilannya kurang bagus atau jelek rupa atau orang yang kelihatan miskin yang sedang bicara kebaikan dan kebenaran. Tapi karena penampilannya nggak enak dilihat, kurang meyakinkan, maka orang lain akan sulit mempercayai omongannya. Istilahnya jangan melihat orangnya tapi dengarkan omongannya !
 
4. Seekor KELEDAIpun tidak mau tersandung batu yang sama. Maksudnya sangat bodoh kalau manusia ada yang melakukan kesalahan yang sama berulangkali.
 
5. Setinggi-tingginya BANGAU terbang akan kembali ke pelimbahan juga. Seseorang yang pergi berkelana atau merantau ke negeri orang suatu saat nanti akan rindu ingin pulang ke kampung halamannya, kangen akan suasana kampung, kangen akan makanannya yang ternyata lebih enak dibanding di perantauan.

 
6. Sepandai-pandainya TUPAI melompat, suatu saat akan terjatuh juga. Sepintar-pintarnya seseorang, suatu waktu akan terlihat kelemahannya. Tidak ada yang sempurna. Nobody perfect.
 
7. KUMAN di seberang lautan kelihaan sementara GAJAH di pelupuk mata tak tampak. Yang jadi fokus perhatian hanya hal-hal yang kecil saja. Sementara ada seseuatu yang lebih penting yang berada nggak jauh malah terabaikan
 
8. ANJING menggonggong kafilah berlalu.Bisa perumpamaan untuk seseorang yang teguh pada pendirian dan keyakinan, tak tergoda oleh godaan, ejekan ataupun hinaan orang-orang yang mengganggu.
 
9. Seperti membeli KUCING dalam karung. Telitilah sebelum membeli. Kalau kita berminat membayar untuk sebuah barang, harus cermat. Carilah info sebanyak-banyaknya mengenai barang tersebut
 
10. GAJAH mati meninggalkan gading, MACAN mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Pertanyaan : Apa persamaannya manusia PRIA hidung belang dengan MACAN belang ? Jawaban : Yang pasti kedua-duanya hidungnya nggak belang. (Maaf, sedikit selingan). Jadi arti pepatah tadi adalah setiap mahluk mempunyai ciri khas dan kebiasaan masing-masing selama hidup di dunia. Manusia setelah mati maka oleh orang yang masih hidup yang mengenalnya akan dikenang sebagai, misalnya : “Oh, almarhun dulunya tukang anu”, “Oh, Bapak yang kemarin wafat itu mantan direktur PT Anu” dan sebagainya.
 
Masih banyak lagi jenis atau spesies binatang yang ikut “dilibatkan” dalam rangkaian kalimat atau kata-kata perumpamaan yang dibuat oleh manusia, seperti :
Ibarat ikan di laut. Air laut memang asin, tapi ikannya tidak asin. Artinya : Seseorang yang tidak terpengaruh dengan lingkungan, tidak terbawa arus di sekelilingnya. Tetap menjadi dirinya sendiri.
Alis matanya sangat indah bak semut beriring. Menggambarkan kecantikan alami.
Serigala berbulu domba. Artinya: Orang yang sedang menyusup dan pura-pura menjadi orang lain yang akan ditipunya.
Musang berbulu ayam. Artinya kurang lebih sama dengan yang di atas.
Kura-kura dalam perahu.
Wanita si kupu-kupu malam. Perumpamaan yang artinya perempuan yang bekerja di malam hari dengan penampilan yang cantik dan menarik perhatian orang.
Laki-laki buaya darat. Perumpamaan dari kelakuan lelaki yang sudah kelewat batas karena senang berpetualang dengan banyak wanita.
Jadi kelinci percobaan. Maknanya seorang diperalat oleh orang lain untuk maksud dan tujuan tertentu.
Benarkah kecoa itu lambang perusak suasana ?
Ada udang di balik batu. Maknanya :Seseorang yang punya niat tertentu dengan pekerjaan yang sedang dia lakukan. Ada maunya.
Seperti kerbau yang dicocok hidungnya. Perumpamaan seseorang yang tidak berdaya, ditarik kemanapun ikut, disuruh kemanapun tidak bisa nolak.
1. “Anak saya memang KUTU buku, hobinya baca melulu”
2. Dulu pernah ada istilah komputer JANGKRIK, yaitu satu set komputer rakitan sendiri, bukan komputer bermerk terkenal yang lebih mahal harganya.
3. “Eh ! Lu gw kasih tau yah ! Gw ini mantan BAJINGan, jadi lu jangan macem-macen deh di sini!
4. “Tuh orang bengong aja kayak KAMBING congek”
5. Legenda musik Iwan Fals mengibaratkan koruptor sebagai TIKUS dalam lagunya yang berjudul “Tikus-tikus kantor”
Dan lain-lain.
Lalu hewan atau jenis binatang apakah yang belum diburu manusia untuk dijadikan bahan nasehat ?
 
 

wikipedia

GEDUNG-GEDUNG PENCAKAR LANGIT DI CINA

 
 
 
 

Gedung pencakar langit (SKY SCRAPPER), selain bisa menjadi sebuah lokasi bisnis atau perkantoran, namun bisa juga menjadi simbol kebanggaan dan simbol kekuatan ekonomi dari sebuah negara. Boleh jadi semakin tinggi gedung bisa dibangun di sebuah kota di sebuah negeri, maka negara tersebut memiliki keunggulan dalam hal ekonomi. Berikut 10 gedung pencakar langit yang berada di negeri China atau Tiongkok :

.
1. SHANGHAI TOWER
.

Merupakan Gedung tertinggi di China saat ini. Ketinggiannya mencapai 632 meter atau 2073 kaki. Mulai dibangun tanggal 29 Nopember 2008 selesai 6 September 2015. Dengan biaya 2,4 miliar Dolar AS. Sky Scrapper yang dirancang oleh arsitek Jun Xia ini memiliki 128 lantai termasuk 5 basement.

 
 

2. SHANGHAI WORLD FINANCIAL CENTER

 

Dengan ketinggian mencapai 494 meter atau 1621 kaki, merupakan salah satu dari gedung-gedung paling tinggi yang juga di distrik Pudong, SHANGHAI Tiongkok. PENCAKAR LANGIT yang dimiliki oleh Shanghai World Financial Center Co.Ltd ini mulai dibangun tanggal 27 Agustus 1997 selesai 2008. Dengan biaya 1,20 miliar Dolar AS dan memiliki 101 lantai (3 basement) dilengkapi 91 elevator (lift). Arsitek pencakar langit ini adalah Kohn Pederson Fox.

 
 

3. INTERNATIONAL COMMERCE CENTER
.

300px-International_Commerce_Centre_201008

Berada di Hongkong, salah satu dari gedung-gedung pencakar langit di Negeri Tirai Bambu Tiongkok ini sanggup menembus angkasa hingga ketinggian 484meter atau 1588 kaki. Mulai dibangun pada tahun 2002 selesai tahun 2010. Gedung yang bertipe hotel ini mempunyai 108 lantai dan 4 basement. Diarsiteki oleh Kohn Pedersen Fox Associates, pencakar langit ini dilengkapi lift sebanyak 83 buah.

 

4. GREENLAND CENTER-ZIFENG TOWER
.

Gedung Zifeng Center ini berada di Nanjing. Merupakan gedung pencakar langit yang mempunyai ketinggian 450 meter atau 1480 kaki. Ada 66 lantai dan 5 basement serta dilengkapi 54 buah lift untuk fasilitas gedung yang mulai
dibangun bulan Mei 2005 hingga selesai pada Januari 2010 ini. Dibuka pada tanggal 18 Desember 2010. Arsitek : Adrian Smith.

 

5. KINGKEY 100

 

Dengan ketinggian 441,8 m atau sekitar 1449 kaki, sang pencakar langit yang berada di Shenzen ini berada di urutan ke lima. DIlengkapi dengan lift sebanyak 66 buah, gedung tinggi ini dirancang oleh arsitek TFP Farrels. Mulai dibangun tahun 2007 selesai Bulan September 2011. Dengan ketinggian mencapai 441,8 m atau sekitar 1449 kaki, sang pencakar langit yang berada di Shenzen ini berada di urutan kelima.

 

6. GUANGZHOU INSTERNATIONAL FINANCE CENTER
.

Terletak di kota Guangzhou Tiongkok, gedung pusat keuangan ini memiliki ketinggian sekitar 437,5 m atau 1435 kaki. Hotel ini memiliki 103 lantai (4 basement), 374 kamar dan lift sebanyak 71 buah. Dibangun mulai Desember 2005 selesai tahun 2010. Dengan biaya sebesar 280 juta Poundsterling, Sky Scrapper ini diarsiteki oleh Wilkinson Eyre.

 

7. JI MAO TOWER

 

Gedung yang juga berlokasi di koa Shanghai ini juga masuk dalam 3 besar gedung tertinggi di Shanghai. Dengan ketinggian mencapai 421 meter atau 1381 kaki. Ada 88 lantai dan 4 lantai spire serta basement 3. Fasilitas lift sebanyak 61 buah. Pusat perbelanjaan, perkantoran dan hotel ini bergaya Neo-Futurism. Mulai dibangun tanggal 14 September 1994 selesai lima tahun kemudian yaitu tahun 1999. Berapa biaya pembangunannya ? 530 juta Dollar AS

 

8. TWO INTERNATIONAL FINANCE CENTER
.

Gedung kantor untuk keuangan ini juga berada di Hong Kong. Berapa ketinggian gedung ini ? Yaitu mencapai 416 meter sekitar 1365 kaki. Arsitek gedung perkantoran ini adalah Cesar Pelli & Association Architects. Ada 88 lantai dan 6 lantai basement. Dengan lift sebanyak 62 buah, pencakar langit ini mulai dibangun tahun 2000 selesai tahun 2003.

 

9. CITIC PLAZA

 

Berada di kota Guangzhou Tiongkok. Plaza perkantoran yang bernama lain Sky Central Plaza ini memiliki ketinggian 319 meter atau sekitar 1283 kaki. Memiliki 80 lantai, dilengkapi 36 buah lift.  Arsiteknya Dennis Lau & Ng Chun Man Architects & Engineers. Mulai dibangun pada tahun 1993 selesai tahun 1996.

 

10. SHUN HING SQUARE

 

Terletak di kota Shenzen. Memiliki ketinggian untuk “mencakar langit” mencapai 384 meter atau sekitar 1260 kaki. Pembangunan gedung pertokoan dan perkantoran ini dimulai tahun 1993 selesai bulan Maret 1996. Memiliki 69 lantai dan 3 lantai basement dilengkapi lift sebanyak 36 buah. Dimiliki Kumagai Gumi Company dan diarsiteki oleh K.Y. Cheung Design Associates.
 
Ada beberapa gedung pencakar langit lainnya di Negeri Cina ini, seperti : Central Plaza, Bank Of China Tower, The Pinnacle, The Center dan lain-lain yang tentunya memiliki ketinggian di atas 100 meter. Sebagai perbandingan, Jakarta Ibukota Indonesia memiliki tugu Monumen Nasional yang berketinggian 132 meter. (Lihat grafik gambar berikut.

 


 

SEJARAH SINGKAT BUDAYA CHINA

.
.

 

.
Negeri Cina atau Tiongkok yang sukses sudah berlangsung sejak lama. Jauh sebelum abad Masehi, masyarakat purba China sudah mampu menemukan peralatan penting, seperti kompas, kertas, dan kode biner komputer. Para ilmuan Barat juga mengakui bahwa budaya China tidak tertandingi dalam sejarah umat manusia. Budaya tersebut memiliki banyak sekali rahasia tentang motivasi dan kesuksesan sejak zaman dulu. Mereka percaya budaya China berlangsung sepanjang masa. Bukti konkretnya adalah manakala peradaban-peradaban kuno lain, seperti Sumeria, Babilonia, Mesir, Romawi, dan Yunani timbul tenggelam ditelan waktu, budaya China tetap bertahan terus. Dalam seni bangunan, misalnya. Salah satu peninggalan bangunan yang penting di China adalah Tembok Besar atau Great Wall. Tembok ini dibangun sejak masa pemerintahan Dinasti Chin untuk membendung masuknya bangsa pengembara dari utara, misalnya Suku Hsiung Nu, ke daratan China. Pembangunan Tembok Besar dilanjutkan oleh dinasti-dinasti berikutnya, sampai Dinasti Ming (1364-1644 sehingga panjangnya yang semula 2.250 km lalu mencapai 7000 km. Berapa tinggi Tembok Besar di Cina itu ? Yaitu 16 m dan lebar 8 m. Pada jarak tertentu, didirikan benteng pertahanan yang dijaga ketat oleh prajurit. Kini tembok tersebut masih kokoh berdiri dan dijadikan andalan komoditas pariwisata China yang mendatangkan banyak devisa. Keramik juga merupakan salah satu peninggalan budaya bangsa China yang bermutu tinggi. Keramik yang berglasur (diberi lapisan keras yang berkilap serta porselin China yang indah dibuat dengan teknik yang tinggi. Mangkuk, cawan, dan piring-piring keramik China dikenal di Eropa, juga di Indonesia. Tiap-tiap dinasti di China meninggalkan jenis keramiknya masing-masing.
Dalam zaman Dinasti Han, bangsa China telah menemukan kertas pada sekitar tahun 15 M serta tinta sehingga dikenal adanya istilah “Tinta China”. Bangsa Tiongkok juga menemukan tik gerak (movable type), yaitu blok-blok kayu dengan huruf-huruf yang dicungkil keluar. Penemuan kertas dan alat cetak tersebut memungkinkan adanya penerbitan buku-buku dalam jumlah yang besar dan dengan harga murah. Bangsa China termasuk bangsa yang sangat memerhatikan tulisan. Penemuan kertas dan alat cetak juga membantu penyebaran karya sastra di Cina. Para pujangga China yang terkenal antara lain :
1. Szema Tzien yang hidup pada masa Dinasti Han. Ia menulis buku sejarah berjudul Shi-Ji yang meliputi zaman purba hingga masa pemerintahan Han Wuti.
2. Li Tai Po, seorang penyair yang hidup pada zaman Dinasti Tang.
Sebagai bukti peninggalan budaya yang keempat adalah astronomi. Ilmu pengetahuan yang telah berkembang sejak zaman dongeng antara lain astronomi atau ilmu perbintangan. Ilmu astronomi digunakan untuk :
1. Menentukan penanggalan yang didasarkan pada peredaran bulan.
2. Meramal masa depan manusia dan masa depan negara, khususnya saat memasuki Tahun Baru Imlek.
3. Mengetahui saat terjadinya gerhana matahari dan bulan.
4. Mengetahui perputaran atau pergantian musim yang erat hubungannya dengan kehidupan masyarakat seperti pertanian dan pelayaran.
Dalam bidang filsafat, China juga sangat kompeten. Misalnya, ketiga pemikir yang hidup di zaman Dinasti Zhou. Ajaran mereka muncul sebagai reaksi terhadap pemerintahan yang korup serta akhlak masyarakat yang merosot.
Dalam bidang filsafat, misalnya ajaran Lao Tse (605-531 SM) menuangkan semangat keadilan dan kesejahteraan disebut Taoisme.
Berikutnya Kung Fu Tse (551-479 SM) menekankan moral yang bobrok dapat diperbaiki dengan membangun kembali keselarasan dalam masyarakat meliputi semua pihak-pemerintah dan rakyat. Filsuf ketiga Meng Tse (372-280 SM) ia melengkapi ajaran Kung Fu Tse bahwa manusia itu pada dasarnya baik jika terdapat keselarasan masyarakat sehingga pendidikan menjadi hal yang sangat penting. Hasilnya, budaya China bertahan sangat lama karena kuat, praktis, dan penuh kearifan. Apalagi didukung oleh para pemimpin yang hampir selalu mempelajari jiwa manusia dan menulis beberapa teks kuno, seperti I Ching dan Tung Shu. Dari masa kuno juga, terwariskan buku-buku tentang filsafat Tao dan filsafat Sun Tzu yang mampu memberikan wawasan, pedoman, aturan, dan prinsip tentang kesuksesan, pengelolaan usaha, keluarga, pendirian Negara, strategi, bahkan perang. Konon, rahasia utama budaya China adalah memadukan pelajaran tentang motivasinya dengan seni pada berbagai benda yang indah dan rumit. Artinya, filosofi motivasi China diterjemahkan ke dalam sesuatu yang memiliki daya Tarik, gaib, dan mistis. Dengan demikian, motivasi China banyak mengandung kecerdasan sehingga dipandang memiliki corak yang indah dan cemerlang.
Sejak abad ke-17, peneliti-peneliti barat, menerjemahkan teks-teks kuno China, sehingga dunia mengenal Feng Shui (Ilmu tata letak bangunan), akupuntur, akupresur, dan refleksiologi (Ilmu Pengobatan), teori Yin-Yang (Keseimbangan hidup), dan berbagai ilmu ramalan. Hubungan (Guanxi) saling percaya dikalangan orang China sebagai ajaran konfisius adalah hubungan antar sahabat, jika orang China suka pada seseorang, ia akan cepat mengatakan Pengyou (Sobat). Jika sungguh suka dan percaya, ia akan memakai istilah Lao Pengyou (Sobat lama).
Sikap percaya ini berbeda dibanding sikap percaya yang dibangun dalam institusi modern kehidupan modern, termasuk ekonomi, tidak bisa bertahan jika tidak ada kepercayaan. Dapat dikatakan kepercayaan di dunia modern diletakkan berdasar kepastian hukum. Namun, kepercayaan dikalangan orang China dibangun atas dasar yang berbeda. Kepercayaan di Kalangan orang China didasarkan kekeluargaan, kedaerahan, alumni sekolah, dan persahabatan.

 
 

 

wikipedia

10 Kota-kota Terbesar di Cina

Jika anda senang dengan suasana kota besar yang tumbuh sangat pesat, maka China lah tempat yang pas untuk dikunjungi. Rasakan kesibukan suasana kota di negara yang berkembang tercepat dalam sejarah planet bumi ini. Ketika anda jalan-jalan melalui wilayah-wilayah utama China, Anda sedang berjalan di sebuah kebesaran yang 30 tahun yang lalu hanyalah bagian-bagian kota yang kecil. Melalui tempat-tempat seperti Tianjin, Guangzhou, Shenzen dan Dongguan, tidak hanya untuk tujuan wisata, di sana juga ada banyak atraksi yang beraneka-ragam dan banyak lagi yang lainnya. Mengunjungi kota-kota di mana busana-busana dan banyak lain yang dibuat setiap hari. Saksikan infrastruktur modern China, gedung pencakar langit dan mall perbelanjaan. Menjadi bagian dari kehidupan malam.
Berikut adalah 10 kota terbesar yang ada di Cina dan berpenduduk lebih dari 7 juta jiwa. Kota besar di Tiongkok dikenal dengan sebutan “Pabrik Dunia”, meski tidak semua disebut dengan kota pabrik.

 

1. SHANGHAI

 
shanghaipanjang

Terletak di Delta YangTze China Tengah, Shanghai adalah kota yang terbesar dan terbaik di China. Namanya yang berarti pusat dagang, Shanghai memiliki pelabuhan terbesar dan tersibuk, kawasan bisnis besar, 2 bandara besar yaitu Pudong dan Honggiao, kereta tercepat di dunia yang bernama Maglev dan jaringan jalan yang luas.
.

 
 

2. BEIJING
.

 

.
.
Lokasi dekat Teluk Bohai, Barat laut China, Populasi 19 juta orang. Beijing kota yang paling utama, karena menjadi ibukota China. Politik, pendidikan pusat kebudayaan dengan industri , iptek dan riset dan yang mendominasi industri besar. Memiliki bandara terbesar di dunia dan mahal, kebanyakan system subway.
.
3. GUANGZHOU
.
guangzhoupanjang
Kota Guangzhou yang populasinya 11 juta orang terletak di kawasan yang disebut dengan The Pearl River Delta, tenggara Cina. Guangzhou termasuk kota kawasan industri besar, seperti produk pakaian, elektronik, barang-barang plastik, mainan anak2 dikapalkan dari kota ini ke seluruh dunia.

 
 

4. HONG KONG
.

 

Hong Kong yang terletak di The Pearl River Delta, Tenggara Cina adalah salah satu Macan Asia dalam kekuatan ekonomi yang memiliki standar hidup mirip dengan kota-kota besar di negara-negara Barat dan populasinya lebih tinggi yaitu 7 juta jiwa. Adalah yang sangat maju di antara kota-kota lain di China dengan biaya hidup paling tinggi. Industri utama di Hong Kong adalah sektor layanan jasa termasuk keuangan, komunikasi dan investasi asing. Memiliki pelabuhan terbesar ketiga di dunia, tapi tidak seperti pelabuhan di Tiongkok lain, ekspor utamanya datang dari kota-kota Cina lain.
.
5. TIANJIN
.

 

Tianjin terletak di Teluk Bohai, timur laut China. Kota yang berpenduduk 11 juta orang ini adalah pusat industri dan pelabuham besar di teluk Bohai. Keterikatan secara historislah dengan Grand Canal, terhubung dengan Sungai YangTze dan Sungai Kuning, mampu menampung lebih dari 10 juta kontainer per tahun, dan menjadi gerbang kapal ke Beijing yang hanya berjarak 70 kilometer ke arah barat laut.
.
6. SHENZEN
.

 

Shenzen yang terletak di antara kota Guangzhou dan Hong Kong adalah pusat industri yang terus bergerak sepanjang malam. Mengikuti kesuksesan tetangganya dalam hal hasil industri menempati rangking ke empat di China, industri produk teknologi yang lebih tinggi dibanding Guangzhou secara umum.
.
7. DONGGUAN
.

 

Kota Dongguan sedikit dikenal tetapi kota industri yang besar di antara kota Guangzhou dan Shenzen, menempati posisi ke 4 di Cina dalam hal eksport. Dongguan juga tumbuh berkembang sangat fenomenal dalam beberapa puluh tahun terakhir. Di sana mempekerjakan sejumlah besar tenaga kerja pabrik, beberapa bagian produk elektronik dan perangkat lainnya seperti untuk keperluan komputer
.
8. TAIPEI
.

 

Terletak di tenggara China, Kota Taipei adalah yang berprospek menjadi Macan Asia lain dalam hal ekonomi. Dipertimbangkan menjadi kota dunia yang berkembang, industri utamanya adalah tekstil dan elektronik. Taipei yang berpenduduk 8 juta jiwa adalah ibukota Taiwan atau Republik China yang tidak diakui merdeka, hampir mendapatkan otonomi penuh.
.
9. CHENGDU
.

 

Kota Chengdu yang terletak di The Sichuan Basin, Tiongkok Tengah adalah pengecualian diantara kota-kota besar Tiongkok. Adalah daerah perkotaan dari 7 juta jiwa lebih yang bukan di China Timur yang dekat pantai Pasifik. Kota terbesar yang kebanyakan berpegunungan di Cina Barat dan konsentrasi penduduk di Sichuan Basin. Industri memainkan peranan dalam perekonomian. Kota yang paling tenang diantara kota-kota besar Tiongkok. Chengdu menjadi kota besar tersendiri di Propinsi Sichuan
.
10. HANGZHOU
.

 

Hangzhou adalah kota di Tiongkok terletak di Delta Sungai Yangtze, China Tengah. Penduduknya 7 juta jiwa. Jadi salah satu kota di daratan Cina yang berprospek dalam hal pendapatan per kapita. Hangzhou memiliki aneka industri dari permesinan, tekstil hingga IT. Memiliki jaringan jalan yang luas, bersih. Semua itu seperti terpelihara baik.

 

 
 

wikipedia

 
 

Halo dunia!

Ini adalah pos pertama Anda. Klik tautan Sunting untuk mengubah atau menghapusnya, atau mulai pos baru. Jika Anda menyukai, gunakan pos ini untuk menjelaskan kepada pembaca mengapa Anda memulai blog ini dan apa rencana Anda dengan blog ini.

Selamat blogging!